FAKTOR Penyebab Hard disk Komputer Rusak

FAKTOR Penyebab Hard disk Komputer Rusak ~ KamuBisa-iO. Harddisk sebagai media penyimpanan utama, tentunya harus mendapatkan perawatan lebih. Sehingga terhindar dari berbagai ancaman kerusakan. Sejumlah faktor yang menyebabkan kerusakan harddisk bisa dihindari, sebagai pola perawatan dan pencegahan  yang tepat. Apa saja penyebab harddisk komputer rusak?
FAKTOR Penyebab Harddisk Komputer Rusak
FAKTOR Penyebab Harddisk Komputer Rusak

Usia harddisk
Kerusakan media penyimpanan ini bisa dikarenakan usianya yang sudah terlalu lama. Kondisi ini sangat wajar, karena setiap elemen komputer memiliki jangka waktu pakai tersendiri. Tapi kalau Anda menerapkan cara perawatan yang tepat, kondisi harddisk kemungkinan akan lebih tahan lama. Sehingga masa pakainya bisa lebih lama. 

Mengalami over heat
Kerusakan harddisk bisa dipicu oleh karena paparan suhu panas yang berlebihan. Hampir seluruh peralatan listrik bisa mengalami kondisi panas, karena terjadi perubahan energi listrik. Sebagai cara pencegahannya, bisa menerapkan pendingin tambahan untuk harddsik. Harga perangkat pendingin itu relatif murah dan mudah di dapatkan di pasaran.

Mengalami benturan dan terjatuh
Mungkin saat sedang membersihkan atau membawanya, harddisk pernah terbentur benda keras bahkan terjatuh. Sehingga memicu terjadinya kerusakan tertentu. Jadi saat membawa atau memindahkannya, harus sangat hati-hati terutama menghindari guncangan. Agar tidak memicu harddisk terjatuh atau terbentur. Hal ini sama halnya untuk cara membawa dan menyimpan laptop. Meskipun tertutup bodi laptop, harddisk di dalamnya bisa mengalami kerusakan kalau sering terbentur atau pernah terjatuh.

Mematikan komputer tidak sesuai prosedur
Mematikan komputer atau shutdown dengan cara yang tidak benar, maka bisa berdampak buruk bagi kondisi harddisk. Kerusakan fatal bisa terjadi pada media penyimpanan ini, sehingga Anda harus menggantinya dengan unit yang baru. Kalau tegangan listrik tidak stabil atau sering mati lampu, sebaiknya gunakan UPS untuk mencegah kerusakan harddisk.

Penggunaan harddisk berlebihan
Saat menggunakan komputer sangat penting untuk memperhatikan durasinya. Karena terlalu keseringan menonton video, memutar musik dan memainkan game bisa mengakibatkan gangguan pada kondisi harddisk. Jadi sebaiknya gunakan komputer dengan bijak sesuai dengan kebutuhan. Lihat juga: 3 Alasan Keharusan Memiliki Harddisk Eksternal

Tegangan listrik tidak stabil atau sering mati listrik
Tegangan listrik yang tidak stabil dan kerap terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, bisa berdampak pada kerusakan harddisk. Sebagai solusinya, Anda harus menggunakan UPS sebagai penyimpanan daya listrik. Sehingga saat listrik padam, komputer masih bisa beroperasi. Cara kerja UPS layaknya baterai laptop.

Sering menginstal dan uninstall aplikasi
Bad sector pada harddisk bisa terjadi karena sering melakukan install dan uninstal program komputer. Jadi sebaiknya install aplikasi yang sekiranya paling dibutuhkan saja. Kalau memang ingin menginstal aplikasi tertentu, sebaiknya mempelajari dahulu manfaatnya. Sehingga tidak terjadi install dan uninstall terlalu sering.

Terlalu sering melakukan defrag
Melakukan defrag bertujuan untuk merawat kondisi harddisk. Tapi cara ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Karena justru bisa mengakibatkan munculnya bad sector pada harddisk. Lebih disarankan untuk melakukan defrag, setidaknya dua hingga tiga bulan sekali. Lihat juga : Tips Membersihkan Layar dan Keyboard Laptop

FAKTOR Penyebab Harddisk Komputer Rusak

Demikian artikel FAKTOR dari Penyebab Hard disk Komputer Rusak, semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel Komputer di >> Materi Komputer
FAKTOR Penyebab Hard disk Komputer Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments