Definisi & Pengertian Sugesti (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Sugeti adalah pengaruh yg diberikan orang lain atau kelompok lain mengenai pandangan hidup, sikap, & perilaku tartentu yg diterima tanpa dipikirkan ssecara kitis akibat-akibatnya. Pengaruh sugesti ini sangat kuat jika berasal dari orang-orang yg berwibawa atau berpengaruh dalam masyarakat. Orang-orang yg sedang dalam keadan. emosi, stres, sedih, atau tertekan biasanya akan mudahl terpengaruh oleh sugesti.
Definisi & Pengertian Sugesti (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)
Remaja umumnya mudah sekali terpengaruh oleh reklame atau promosi barang-barang produk terbaru. Promosi melalui radio, televisi, surat kabar, atau majalah mudah sekali memberi sugesti kepada para remaja. Namun bagi orang-orang dewasa yg selalu berpikir kritis tdk mudah terpengaruh oleh sugesti.
Artikel Selain Definisi & Pengertian Sugesti : Pengertian Kontraversi Sosial
Faktor pendorong proses sugesti, antara lain sbg berikut :
- Kelompok idola atau kaum selebritis (artis film, penyanyi tenar atau orang-orang terkenal).
- Reklame atau propaganda melalui media masa radio, televise, surat kabar, majalah, dan selebaran.
- Orang-orang dewasa yg memililki pengaruh kharisma, atau wibawa Misalnya: orang tua, guru, tokoh ulama, elite politik, pemimpin negara, & orang-orang pandai.
- Orang-orang yg memiliki kedudukan tinggi di masyarakat & pemerintahan. Misalnya: presiden, menteri, tokoh politik, pejabat negara, & para penimpin yg kharismatik
Beberapa faktor penyebab orang mudah tersugesti, antara lain sebagai berikut.
- Tidak mampu berpikir kritis, biasanya mudah terpengaruh sugesti
- Pikiran yg kacau, stress, tertekan atau bercabang.Misalnya Orang yg banyak hutang akan mudah menerima saran utk pergi ke dukun agar mudah mndapatkan uang.
- Kuatnya pengaruh pihak pemberi sugesti. Orang-orang yg berpengaruh, seperti guru, dokter, ulama, atau orang – orang pintar nasihatnya akan diterima oeh orang-orang yg mengaguminya.
- Adanya dukungan dari kelompok mayoritas. Seseorang akan mudah menerima nasihat, saran, atau pandangan bila ada dukungan dari banyak orang.
- Adanya pengaruh yg berulang-ulang. Iklan atau reklame yg ditayangkan berulang-ulang di televisi atau radio, akan mempengaruhi seseorang utk membeli barang yg dipromosikan tersebut.
Baca : Definisi & Pengertian ImitasiDemikian artikel Definisi & Pengertian Sugesti (Pelajaran IPS SMK Kelas 10), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial