Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi)

Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi) ~ KamuBisa-iO. Definisi dari kelangkaan adalah terjadinya suatu keadaan ketidakseimbangan antara jumlah kebutuhan manusia dengan jumlah sumber daya ekonomi yang tersedia (alat pemuas kebutuhan yang ada). Kelangkaan dapat terjadi karena adanya dual faktor yaitu sumber-sumber daya ekonomi (alat pemuas kebutuhan) yang terbatas jumlahnya dan kebutuhan manusia yang meningkat lebih cepat daripada ketersedian sumber-sumber daya ekonomi.

Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi)

Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi)
Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi)
Kelangkaan menurut ilmu ekonomi mengandung 2 pengertian, yaitu:

1. Langka disebabkan karena memang umlahnya yang tidak mencukupi dibandingkan dengan jumlah kebutuhan. Artinya adalah alat pemuas kebutuhan mempunyai jumlah yang terbatas yang berakibat tidak semua dapat terpenuhi kebutuhan. Misalnya banyak orang yang membutuhkan bensin/ solar akan tetapi jumlah pasokannya terbatas dan tidak mencukupi kebutuhan setiap orang yang memerlukannya.

2. Langka karena untuk mendapatkannya dibutuhkan pengorbanan.
Maksudnya adalah diperlukan suatu pengorbanan untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan. 

Oleh karena itu untuk menghadapi kelangkaan kita dituntut untuk melakukan pilihan alternatif-alternatif yang ada dan paling menguntungkan dari alat pemuas kebutuhan tertentu untuk memenuhi kebutuhan kita.
Demikian artikel Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi.
Pengertian Kelangkaan (Masalah Ekonomi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments