Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan

Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan ~ KamuBisa-iO. Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal jurnal penutup dan kali ini kita akan belajar tentang pengertian neraca saldo setelah adanya penutupan rekening nominal. Dengan mempelajarinya, semoga saja dapat menambah referensi dalam mempelajari akuntansi secara keseluruhan.

Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan

Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan
Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan
Setelah dilakukan penutupan atas rekening nominal/ rekening laba rugi (akun sementara) atau saldonya dinolkan, maka selanjutnya dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu memposting ke buku besar kemudian menyusun neraca saldo setelah penutupan.

Neraca Saldo Setelah Penutupan berisi saldo akun riil yang berasal dari buku besar setelah dilakukan penutupan atas saldo rekening nominal. Dengan demikian akun yang ada di neraaca saldo setelah adanya penyesuaian hanyalah akun riil saja (akun-akun neraca) yaitu akun aktiva, kewajiban dan modal.
Neraca Saldo Setelah Penutupan berbeda dengan neraca saldo setelah penyesuaian, hal ini dapat terlihat pada komposisinya. Untuk neraca saldo setelah penyesuaian yaitu akun nominal dan akun riil sedangkan neraca saldo setelah penutupan hanyalah akun riil/ akun neraca saja.

Tujuan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Apa tujuan dibuatnya neraca saldo setelah penutupan? yaitu untuk memastikan kebenaran atas buku besar yang disusunnya. Buku besa tersebut dikatakan benar jika setelah disusun Neraca Saldo Setelah Penutupan neraca yang dibuatnya simbang antara debet dan kredit. Dari uraian singkat tersebut terdapat tujuan neraca saldo setelah penutupan yaitu a). pencatatan atas akun riil, b). sebagai alat untuk menguji kebenaran buku besar, c). sebagai dasar untuk laporan keuangan periode berikutnya.

Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penutupan adalah dengan cara memindahkan saldo akhir setelah dilakukan pemostingan jurnal penutup.
Demikian artikel Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan,  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Akuntansi Keuangan Intermediate dapat dilihat di >> Materi Akuntansi Keuangan Intermediate.
Akuntansi : Neraca Saldo Setelah Penutupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments