Contoh Laporan Audit : Pendapat Wajar dengan Pengecualian

Contoh Laporan Audit : Pendapat Wajar dengan Pengecualian - KamuBisa iO.Di bawah ini adalah contoh dari pendapat auditor yang memberikan pendapatnya wajar denganpengecualian karena adanya penggunaan prinsip akuntansi yang menyimpang dari prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.
Contoh Laporan Audit : Pendapat Wajar dengan Pengecualian


Laporan Auditor Independen
No         : A01/III/KAK/10
Tanggal : 1 Maret 2010
                                                                     Kepada Yth,
                                                                     Direksi dan Dewan Komisaris
                                                                     PT. KamuBisa
                                                                     Jl. Merdeka No.19
                                                                     Jakarta Pusat
Kami telah mengaudit neraca PT KamuBisa per 31 Desember 2009 dan 2008 serta laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas konsolidasian untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut. Laporan keuangan adaiah tanggung jawab manajemen perusahaan. Tanggung jawab kami adalah pada pernyataan pendapat atas laporan keuangan berdasarkan audit kami. Kami melaksanakan audit berdasirkan siandar auditing yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Standar tersebut mengharuskan kami merencanakan dan melaksanakan audit agar kami memperoleh keyakinan yang memadai bahwa laporan bebas dari salah saji material. Suatu audit meliputi pemeriksaan atas dasar pengujian, bukti-bukti yang mendukung jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Audit juga meliputi penilaian atas standar akuntansi yang digunakan dan estimali signifikan yang dibuat oleh manajemen, serta penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. Kami yakin bahwa audit kami memberikan dasar memadai untuk menyatakan pendapat.

Perusahaan tidak mengakui aktiva dan kewajiban sewa guna usaha tertentu dalam neraca terlampir yang menurut pendapat kami, jumlah tersebut senharusnya diakui agar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Jika kewajiban sewa guna ini diakui, aktiva tetap akan bertambah sebesar Rp... dan.Rp... kewajiban jangka panjang sebesar Rp...dan Rp... dan saldo laba masing-masing sebesar Rp...dan Rp...pada tanggal 31 Desember 2009 dan 2008. Disamping itu, laba bersih akan bertambah (berkurang) masing-masing Rp...dan Rp...dan laba per lembar saham akan bertambah (berkurang) misingm-masing sebesar Rp... dan Rp...untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut.

Menurut pendapat kami, kecuali untuk dampak tidak diakuinya aktiva dan kewajiban sewa guna usaha tertentu seperti yang kami uraikan dalam paragraf di atas, laporan dalam semua keuangan yang kami sebut  di atas menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan PT KamuBisa tanggal 31 Desember 2009 dan 2008 dan hasil usaha, perubahan ekuitas serta arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

                                                                     Kantor Akuntan Publik
                                                                     Drs. Budi Pekerti, MM
                                                                     (Drs Budi Pekerti)
                                                                     Reg. Neg. D-241199
                                                                     NIAP : 09.0001.09

Baca juga : Contoh Laporan Audit Bentuk Baku atas Laporan Keuangan Komparatif dan Contoh Laporan Auditor Bentuk Baku
Demikian artikel Contoh Laporan Audit : Pendapat Wajar dengan Pengecualian (Materi Kuliah Auditing),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Agama dapat dilihat di >> Materi Auditing.  
Contoh Laporan Audit : Pendapat Wajar dengan Pengecualian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments