Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Nilai yang mendasari dari demokrasi di negara Indonesia antara lain berdasarkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijakan dalam permusyawaratan perwakilan, dilaksanakan dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, Selalu memlihara persatuan dan kesatuan bangsa, mewujudkan keadilan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah ini.

Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia

1. Bersasarkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijakan dalam permusyawaratan perwakilan. Nilai pancasila yang terdapat dalam sila ke empat mengajarkan bahwa bangsa Indonesia melakukan demokrasi dengan menjunjung tinggi hikmat serta kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengaplikasikan demokrasi perwakilan yang mengutamakan musyawarah dan juga mufakat. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara budaya politik warga sebaiknya diaksanakan hikmat dan bijaksana dan warga mesti berperan aktif dalam wujudkan demokrasi Indonesia.

2. Dilaksanakan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa
Dalam kehidupan ini, kita bukan sekedar memikul tanggung jawab pada manusia dan Negara, namun kita juga mesti bisa mempertanggungjawabkan semua bentuk sikap, perkataan, serta perbuatan pada Tuhan Yang Maha Esa. Bila semua warga Negara sudah mengerti serta melakukan ketetapan itu maka terwujudnya bangsa Indonesia yang di cintai serta diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa tidaklah jadi suatu yang di cita-citakan lagi.

Baca : Asas Demokrasi

Beberapa pendiri Negara dengan penuh kesadaran menjelaskan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu rahmat Tuhan Yang Maha Esa, seperti tertuang dalam alenia ke dua Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Oleh karenanya kesadaran itu mesti terus dipertahankan serta dipupuk dalam diri tiap-tiap generasi penerus bangsa.

3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
Perlindungan hak asasi manusia mesti mutlak diwujudkan dalam suatu Negara demokrasi. Oleh karenanya kita dituntut utuk bisa menunjukkkan sikap serta tingkah laku yg tidak melanggar hak asasi manusia dalam wujudkan budaya politik masyarakat. Hal semacam ini mangandung arti bahwa hak asasi manusia dalam mewujudkan budaya poliik masyarakat. Hal semacam ini memiliki kandungan arti bahwa hak yang kita kerjakan jangan sampai mengganggu serta melanggar hak asasi orang lain

4. Selalu memelihara persatuan dan kesatuan bangsa
Budaya politik yang diwujudkan dalam partisipasi politik warga diarahkan untuk terus tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Budaya poloitik yang mengakibatkan kerusakan dan memecah persatuan dan kesatuan mesti dijauhi. Diluar itu, sanksi untuk individu yang melaksanakan tingkah laku politik negative yang bisa mengakibatkan kerusakan persatuan dan kesatuan mesti dituntut di pengadilan. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah diperjuangkan oleh beberapa pahlawan harus dipelihara dan juga harus dipertahankan.

5. Mewujudkan keadilan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Budaya politik yang diarahkan untuk mewujudkan keadilan sosial untuk semua rakyat Indonesia bisa diwujudkan dengan tingkah laku yang menjunjung tinggi nilai kebenaran serta keadilan. Nilai itu bisa kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya berkata jujur dan benar,  sikap saling hormat-menghormati antarsesama.

Tingkah laku politik berbentuk negative yang dipertunjukkan warga di berbagai daerah bukanlah sebagai budaya politik bangsa Indonesia, tetapi cuma perilaku negatif dari sekumpulan orang yg tidak bertangguungjawab serta tak mematuhi hukum yang berlaku.
Baca juga : Bentuk - Bentuk Demokrasi
Demikian artikel Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.  
Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments