Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) ~ KamuBisa-iO. Wayang adalah bentuk budaya yang telah ada sejak zaman prasejarah sekitar 1.500 SM. Di lndonesia wayang ini berkembang karena kepercayaan animisrne yaitu pemujaan ruh nenek rnoyang yang disebut Hyang atau dahyang. Kata wayang berasal dari Hyang atau dahyang, kernudian berubah menjadi wayang. Jadi wayang sebenannya merupakan bentuk pemujaan tetapi selanjutnya berkembang menjadi budaya.

Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Wayang dapai dinikmati dalam bentuk pementasan yang diatur atau dipimpin oleh seorang dalang. Wayang dipentaskan dalam waktu yang lama (misalnya wayang kulit dipentaskan semalam suntuk). Dalam satu pementasan wayang didukung oleh berbagai unsur yaitu:

a. Geber yaitu kain putih yang lebar sebagai beckground wayang yang ditata dengan rapi.
b. Dalang yaitu orang yang rnengendalikan gerakan dan alur cerita.
c. Gamelan yaitu seperangkat alat musik Jawa yang terdiri dari berbagai alat. Orang yang memainkan gamelan dsebut yoga
d. Sinden yaitu beberapa wanita yang berperan sebagai penyanyi.

Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang berkembang terutama di Jawa dan Bali, dan pertunjukan wayang sekarang telah diakui oleh UNESCO sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dan berharga.


Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)
Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9)

Ada beberapa jenis wayang yang ada dl indonresia yaitu:

a. Wayang orang
wayang orang atau wayang wong yaitu wayang yang dimainkan oleh orang dengan memakai kostum tertentu sesuai dengan tokoh yang diperankan misalnya: Hanoman, Gatot kaca. Arjuna dan lain-lain" Bahkan wajahnya pun dimake-up seperti tokoh tersebut. Wayang orang dipentaskan oleh sekelompok orang laki-laki dan perernpuan sesuai karakternya dalam waktu beberapa jam

b. Wayang Kulit
Yaitu wayang yang terbuat dari kulit binatang yang merupakan gambar dari tokoh tertentu, wayang dari kulit binatang diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga karena sebelumnya wayang tidak terbuat dari kulit binatang. Wayang ini dirnainkan oleh dalang dengan membawakan cerita tertentu dan dipentaskan dalam waktu semalam suntuk dengan menggunakan bahasa daerah. Dalam pementasan wayang kulit ditata berjajar.

c. Wayang Golek
yaitu wayang yang tebuat dari kayu yang dimainkakn oleh dalang. Wayang ini dibuat dari kayu hanya sampai setengah badan, tangan dalang rnemaikan wayang dari balik pakaian wayang. Wayang ini berkembang di Jawa Barat.
Demikian artikel Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Sejarah dapat dilihat di >> Materi Sejarah
Wayang (Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas 9) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments