Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing)

Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing) ~ KamuBisa iO. Sebagai seorang auditor perlu memahami adanya pengendalian intenal supaya dapat merencanakan audit dan menentukan sifaat saat, dan lingkup pengujian yang akan dilaksanakan. Definisi dari pengendalian internal yaitu pros yang dijaankan oleh dewan komisaris, manajemen dan personel lain entitas yang didesain untuk memberikan kayakinan yang memadai tentang pencapaian 3 golongan berikut a). keandalan pelaporan keuangan, b). befektifitas dan efesiensi operasi, c). kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.
Komponen-komponen pegendalian intern berikut ini:
1. Lingkungan Pengendalian
2. Penaksiran rasio
3. Aktivitas pengendalian
4. Informasi dan komunikasi
5. Pemantauan.

Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing)

Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing)
1. Lingkungan Pengendalian
Pada komponen ini adalah merupakan dasar dari semua komponen pengendalian intern, menyediakan disiplin dan struktur. Lingkungan pegendalian menetapkan corak suatu perusahaan dan mempengaruhi kessadaran pengendalian orang-orangnya. Sedangkan cakupan lingkungan pengendalian adalah:
  • integritas dan nilai etika
  • kebijakan dan praktik sumber daya manusia.
  • partisipasi dewan komisaris atau komite audit
  • struktur organisasi.
  • komutmwn terhadap kompetesi
  • pemberian wewenang dan tanggung jawab.
2. Penaksiran Resiko
Pada komponen pengendalian ini resiko yang relevan dengan pelaporan keuangan meliputi kejadian dan keadaan intern maupun ekstern yang bisa terjadi dan secara negatif berpengruh kepada kemampuan entitas untuk mencatat, mengolah, meringkas dan elaporkan data keuangan dengan asersi manajemen. Peristiwa yang dapat menimbulkan resiko antara lain :
  • perubahan lingkup operasi
  • personil baru
  • standar akuntansi yang baru.
  • sistem informasi yang baru/ dalam perbaikan
  • teknologi yang baru
  • lini produk, produ dan aktivitas baru
  • restrukturisasi perusahaan
  • operasi luar negeri.
3. Aktivitas Pengendalian
Definisi aktivitas pengendalian adalah kebijakan dan prosedur yang membantu memastikan bahwa arahan dri manajemen dilaksanakan. Aktivitas pengendalian yang terkait degan audit dapat dikelompokkan sebagai prosedur dan kebijakan yang berkaitan dengan:
  • review terhadap kinerja
  • pemissahan tugas.
  • pengolahan informasi
  • pengendalin fisik.
4. Informasi dan Komunikasi
Kualitas informasi berimbas kepaada kemmpuan manajemen dalam mengambil keputusan yang semestinya dlam mengendalikan aktivitas entitas dan menyiapkan laporan keuangan yang handal. Komunikasi mencakuppemahaman mengenai peran dan tanggung jawab individu yang berkaitan dengan pengendalian intern terhadap pelaporan keuangan.
Mengapa seorang auditor peru memahami sistem informasi yang relevan?
  • pengolahan akuntansi yang dicakup saat transaksi dimulai sampai dengan dimasukkan ke dalam laporan keuangan.
  • golongan transaksi dalam operasi entitas yang signifikan bagi laporan keuangan
  • bagai mana transaksi tersebut dimulai
  • catatan akuntansi, informasi pendukung, dan kaun tertentu dalam laporan keuangan yang cukup dalam laporan keuangan yang cukup dlam pengolahan dan pelaporan transaksi.
5. Pemantauan
Yang dimaksu dengan pemantauan adalah suatu proses penentuan kualitas kinerja internal control sepanjang waktu yang meliputi penentuan design dan operasi pengendalian tepat waktu dan tindkan pengambilan tindakan koreksi.
Baca juga : Contoh Laporan Audit : Pendapat Tidak Wajar dan Contoh Laporan Audit Bentuk Baku atas Laporan Keuangan Komparatif
Demikian artikel Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Auditing dapat dilihat di >> Materi Auditing.
Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments