Pengertian Perputaran Piutang (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Pengertian Perputaran Piutang (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan) ~ KamuBisa iO. Piutang dalam perusahaan sangat erat kaitannya dengan pejualan yang dilakukan secara kredit. Bagi penganalisa akan menghitung tingkat perputaran dari piutang atau dikenal sebagai turn over receivable. yaitu perbandingan antara total penjualan kredit (netto) dengan piutang rata-rata (saldo awal piutang ditambah saldo akhir piutang dibagi 2). Dari keterangan tersebut dapat dikatakan bahwa semakin tinggi ratio (turn over) berarti bahwa modal kerja yang ditanamkan pada piutang rendah, sebaliknya kalau ratsio semakin rendah berarti ada over investment di piutang. Hal tersebut memerlukan analisa lebih lanjut misalnya apakah bagian kredit dan penagihan kerjanya tidak efektif atau adanya perubahan kebijakan pemberian kredit.

Pengertian Perputaran Piutang (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Pengertian Perputaran Piutang (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Sebagai contoh perhitungan perputaran piutang dapat dilihat sebagai berikut:
Penjualan kredit      1.000
Saldo awal piutang    200
Salldo akhir piutang  300
Jadi piutang rata-ratanya adalah sebesar 250 (200+300 dibagi 2) dan tingkat perputaran piutang sebesar 4 (1.000/250).

Dengan memakai perputaran piutang dapat dihitng waktu rata-rata pengumpulan piutangnya yaitu dengan membagi jumlah hari dalam satu tahun dengan tingkat perputaran piutang tersebut atau perbandingan antara piutang rata-rata dikali jumlah hari dalam setahun dengan total penjualan kredit. Hasil dari perhitungan tersebut berarti menunjukkan berapa hari piutang tersebut rata-rata tidak dapat ditagih day of receivable yang umumnya 1 sampai 2 bulan. Kalau rata-ratapenagihan piutang lebih dari 60 hari berarti perusahaan tersebut kurang baik.

Dari contoh perhitungan perputaran piutang di atas dapat diperoleh informasi sbb:
  1. turn over sebesar 4 menunjukkan bahwa penagihan atas piutang adalah sebesar 4 kali dalam setahun.
  2. jumlah hari dalam setahun dibagi turn over piutang menunjukkan periode rata-rata yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam mengumpulkan piutang (day's of receivable atau day's uncollected) dalam hal ini 90 hari.
  3. turn over sebesar 4 jika dinyatakan dalam prosentase adalah 400% yang mempunyai arti bahwa penjualan tahun tersebut adalah 400% dari saldo piutang akhir tahun (piutang rata-rata).
  4. rasio sebesar 400% berari pula bahwa setiap Rp.4 penjualan maka sebesar Rp.1 belum dapat ditagih sampai akhir tahun yang berssangkutan.
  5. rata-rata penjualan kredit perhari adalah sebesar Rp.2,78 yaitu jumlah penjualan kredit dalam setahun dibagi jumlah hari dalam setahun (Rp.1.000/360).
Demikian artikel Pengertian Perputaran Piutang (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Analisa Laporan Keuangan dapat dilihat di >> Materi Analisa Laporan Keuangan.
Pengertian Perputaran Piutang (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments