Pengertian Perputaran Persediaan (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Pengertian Perputaran Persediaan (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan) ~ KamuBisa iO. Untuk menganalisis posisi persediaan sama prosedurnya dengan mengevaluasi piutang yaitu tingkat perputaran persediaan. Turn over dari persediaan adalah merupakan rasio antara jumlah hara pokok barang yang dijual dengan nilai rata-rata persediaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Pengertian Perputaran Persediaan (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Pengertian Perputaran Persediaan (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)
Contoh perhitungan tingkat perputaran persediaan:
Harga Pokok Barang yang Telah Dijual  Rp. 1.500
Persediaan awal                                       Rp.    200
Persediaan Akhir                                     Rp.    300

Sehingga rata-rata persediaan barang dagangan sebesar Rp.250 dan turn over persediaan barag dagangan adalah sebesar 6. Hal ini berarti bahwa dalam satu tahun terdapat 4 kali perputaran kaerena penjualan atau 4 kali pergantian persediaan. Untuk mengetahui berapa lama persediaan rata-rata tersimpan digudang maka dapat dihitung dengan membagi jumlah hari dalam setahun dengan turn over persediaan. Berarti dalam hal ini adalah 60 hari (360/6).
Demikian artikel Pengertian Perputaran Persediaan (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Analisa Laporan Keuangan dapat dilihat di >> Materi Analisa Laporan Keuangan.
Pengertian Perputaran Persediaan (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments