Rasio Modal Sendiri dengan Total Aktiva (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Rasio Modal Sendiri dengan Total Aktiva (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan) ~ KamuBisa iO. Pengertiannya adalah rasio yang menunjkkan pentingnya sumber pinjaman dan tingkat keamanan kreditor. Apa artinya jika kondisi dari rasio ini tinggi? ini berarti bahwa semakin kecil jumlah modal pinjaman yang dipakai untuk operasional. Misalnya rasio 75% berati 25% aktiva perusahaan adaah dibiayai dari pinjaman dan margin of safety (tingkat keamanan kreditor) sebesar 3 : 1 (300%).

Rasio Modal Sendiri dengan Total Aktiva (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Rasio Modal sendiri dengan Total Aktiva (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan)

Rasio Modal Sendiri dengan Total Aktiva disebut juga sebagai proprietory ratio atau stockholder's equity ratio. Jika kita perbandingkan atara tahun ke tahun atau perbandingkan dengan perusahaan yang sejenis mungkin terjadi perbedaan-perbedaan. Pada kondisi inflasi biasanya akan berusaha memperoleh hutang dalam menjalankan usahanya, namun timbul pertanyaan : sampai seberapa jauh modal pinjaman dipakai sebagai sumber modal dalam batas yang aman? Jawabannya adalah apabila perusahaan tersebut memiliki pendapatan yang tidak stabil alangkah baiknya memakai modal pinjaman yang sekecil mungkin.
Terus apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi stabilitas pendapatan (earning stability)? ada beberapa yang mempengaruhinya antara lain:
  • Jenis perusahaan yang menjual barang/ jasa mempunyai pendapatan yang stabil dibandingkan dengan perusahaan yang memproduksi barang modal.
  • perusahaan yang harga produksinya per unit relatif rendah lebih stabil dibandingkan dengan yang harga produksinya tinggi.
  • Perusahaan yang sudah lama berdiri biasanya lebih stabil pendapatannya dari pada perusahaan yang belum lama berdirinya.
  • Perusahaan yang produksinya dibeli dengan dasar suatu kebiasaan lebih stabil dato[ada yang tidak berdasarkan kebiasaan.
  • Perusahaan yang prouknya berhubungan dengan kebutuhn pokok lebih stanil pendapatannya jika dibandingkan dengan perusahaan yang memproduksi barang-barang lux (mewah).
Demikian artikel Rasio Modal Sendiri dengan Total Aktiva (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Analisa Laporan Keuangan dapat dilihat di >> Materi Analisa Laporan Keuangan.
Rasio Modal Sendiri dengan Total Aktiva (Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments