Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)KamuBisa-iO. Ketergantungan pada ekosistem dapat terjadi antar komponen biotik atau antara komponen biotik & abiotik.

Keberadaan dari komponen abiotik dalam suatu ekosistem sangat mempengaruhi komponen biotik. Tumbuhan akan dapat hidup dengan baik jika lingkungannya mendukung dan memberikan unsur-unsur yg dibutuhkan tumbuhan tersebut misalnya air, udara, cahaya dll. Untuk hubungan komponen biotik dengan komponen abiotik juga sangat mempengaruhi. Tumbuhan yg ada di hutan sangat mempengaruhi keberadaan air, sehingga mata air dapat mngalir terus, tanah menjadi subur. Jika tidak ada tumbuhan, maka air tidak dapat tertahan sehingga menyebabkan tanah akan longsor & tandus. Komponen abiotik yg tidak tergantung dengan biotik antara lain: gaya grafitasi, matahari, tekanan udara.

Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)
Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7)

Antara produsen, konsumen & pengurai adalah hubungan yang saling ketergantungan. Tidak ada makhluk hidup yg bisa hidup tanpa makhluk lainnya. Setiap makhluk hidup pasti memerlukan makhluk hidup lainnya untuk saling mendukung keberlangsungan hidupnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Hubungan saling ketergantungan antar produsen, konsumendan pengurai. 

Terjadi melalui peristiwa makan & memakan melalui peristiwa sebagai berikut:
  • Rantai makanan. Adalah peristiwa makan & dimakan dalam suatu ekosistem dengan urutan tertentu.
  • Jaring-jaring makanan. Adalah sekumpulan rantai makanan yg saling berhubungan dalam suatu ekosistem.
  • Piramida makanan. Adalah gambaran perbandingan antara produsen, konsumen I, konsumen II, & seterusnya. Dalam piramida ini semakin ke puncak biomassanya semakin kecil.
  • Arus energi. Adalah perpindahan energi dari tempat yg tinggi ke tempat yg rendah. Yaitu dari sinar matahari lalu produsen, ke konsumen tingkat I, ke konsumen tingkat II sampai pengurai. Sedangkan mineral membentuk siklus. Energi yg dilepas sangat kecil karena setiap organisme membutuhkan energi dalam memenuhi kebutuhannya.
  • Siklus energi. Adalah perpindahan zat dari tempat satu ke tempat yg lainnya. Akhirnya akan kembali ke tempat zat itu berasal.
Keseimbangan ekosistem dapat terjadi bila ada hubangan timbal balik di antara komponen ekositem. Tumbuhan sebagai produsen yg jumlahnya paling banyak. Apabila ada hal-hal yg mengubah lingkungan maka organisme tersebut tidak akan mengalami perubahan, tetapi jika jumlah organism tidak terkendalikan akan membahayakan organisme lainnya.

Demikian Artikel Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi dapat dilihat di >> Materi Pelajaran Biologi SMP Kelas 7.

Hubungan Antar Komponen Ekosistem (Pelajaran Biologi SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments